Pengertian Facebook
Pengertian Facebook
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman
sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew
McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya
terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di
Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka
diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah
menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak
di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di
bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan
Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut
jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly
menempatkannya di daftar “terbaik” akhir dasawarsa dengan komentar, “Bagaimana
caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja
kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?”
Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS
pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6%
penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan
pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna
aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Definisi dan Pengertian Facebook
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan
kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi
universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu
sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi
pengguna terdaftar di situs ini.
Pengguna dapat membuat profil dilengkapi foto, daftar
ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. Pengguna
dapat berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau
umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup
ketertarikan dan “halaman kesukaan” (dulu disebut “halaman penggemar” hingga 19
April 2010), beberapa di antaranya diurus oleh banyak organisasi dengan maksud
beriklan.
Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook
mengizinkan pengguna mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat
melihat bagian-bagian tertentu dari profil mereka. Situs web ini gratis untuk
pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan spanduk. Facebook
membutuhkan nama pengguna dan foto profil (jika ada) agar dapat diakses oleh
setiap orang. Pengguna dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi
yang mereka bagikan, juga menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan
pengaturan privasi.
Pengertian
Facebook
Media sering memperbandingkan Facebook dengan MySpace,
namun satu perbedaan utama di antara kedua situs tersebut adalah tingkat
kustomisasinya. Perbedaan lainnya adalah persyaratan Facebook agar pengguna
dapat mengatur identitas asli mereka, dan langkah tersebut tidak diterapkan di
MySpace. MySpace mengizinkan pengguna mendekorasi profil mereka menggunakan
HTML dan Cascading Style Sheets (CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan
teks mentah. Facebook memiliki sejumlah fitur yang dapat berinteraksi dengan
pengguna. Salah satunya adalah Dinding, kotak di setiap halaman profil pengguna
yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan kepada pengguna tersebut;
Colek, yang memungkinkan pengguna mengirimkan “colekan” virtual satu sama lain
(pemberitahuan memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek); Foto,
tempat pengguna dapat mengunggah album dan foto; dan Status, yang memungkinkan
pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan tindakan
mereka saat itu. Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang yang dapat
melihat sebuah profil pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna. Bulan Juli
2007, Facebook mulai mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di Dinding,
berbeda dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke
situsnya. Pada 6 September 2006, News Feed diluncurkan yang ditempatkan di
setiap halaman utama pengguna dan memberitahukan informasi seperti perubahan
profil, acara berikutnya, dan ulang tahun teman pengguna. Hal ini memungkinkan
pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi fitur-fitur tersebut dengan
membuat acara bohong atau ulang tahun bohong demi menarik perhatian ke profil
atau kampanye tersebut. Awalnya, News Feed memunculkan ketidakpuasan di antara
pengguna Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh karena terlalu berantakan dan
penuh dengan informasi yang tidak perlu, sementara pengguna lain menganggapnya
mudah bagi pengguna untuk melacak aktivitas seseorang (seperti perubahan status
hubungan, acara, dan percakapan dengan pengguna lain).
Sebagai respon, Zuckerberg mengirimkan permintaan
maafnya atas kegagalan situs ini untuk memasukkan fitur privasi yang dapat
diatur sendiri. Sejak itu, pengguna mulai mendapat kontrol terhadap jenis-jenis
informasi apa saja yang dapat dibagikan secara otomatis kepada teman. Sekarang
pengguna mampu mencegah sekelompok teman melihat pembaruan
aktivitas-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman Dinding, dan teman
yang baru ditambahkan.
Tanggal 23 Februari 2010, Facebook diberikan paten
terhadap serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini mencakup News Feed ketika
pranala dikirimkan sehingga satu pengguna dapat berpartisipasi dalam aktivitas
yang sama seperti pengguna lain. Paten ini mendorong Facebook untuk mengambil
tindakan terhadap situs-situs yang melanggar patennya, seperti Twitter.
Salah satu aplikasi paling populer di Facebook adalah
Foto, tempat pengguna dapat mengunggah album dan foto. Facebook mengizinkan
pengguna untuk mengunggah foto dalam jumlah tak terbatas, dibandingkan layanan
penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickr yang membatasi jumlah foto
yang dapat diunggah seseorang. Pada tahun-tahun pertamanya, pengguna Facebook
dibatasi untuk mengunggak 60 foto per album. Pada Mei 2009, batas ini dinaikkan
menjadi 200 foto per album.
Pengaturan privasi dapat diatur untuk album individu
yang membatasi kelompok pengguna yang dapat melihatnya. Misalnya, privasi suatu
album diatur sedemikian rupa sehingga hanya teman pengguna yang bisa
melihatnya, sementara privasi album lain diatur sehingga semua pengguna
Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto adalah kemampuannya
untuk “tag”, atau menandai pengguna di sebuah foto. Misalnya, jika sebauh foto
berisi seorang teman pengguna, maka pengguna dapat menandai temannya di foto
tersebut. Tindakan tersebut mengirimkan pemberitahuan kepada teman yang
ditandai dan memberikan mereka tautan untuk melihat foto tersebut.
Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah
fitur blog yang mengizinkan tag dan penanaman gambar. Pengguna dapat mengimpor
blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain. Sepanjang minggu
7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan instan berbasis Comet bernama
“Chat” ke sejumlah profil, yang mengizinkan pengguna berkomunikasi dengan teman
dan fungsinya sama seperti pengantar pesan instan berbasis desktop.
Facebook meluncurkan Gifts pada 8 Februari 2007 yang
memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah virtual kepada temannya yang muncul di
profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00 dan pesan pribadi dapat
disertakan pada setiap hadiah. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook meluncurkan
Marketplace, yang memungkinkan pengguna mengirimkan iklan pendek gratis.
Marketplace telah dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET, yang
menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah daftar yang dikirimkan
pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh pengguna yang berada di
jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara daftar yang dikirimkan
di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.
Tanggal 20 Juli 2008, Facebook meluncurkan “Facebook
Beta”, yaitu desain ulang antarmuka penggunanya pada beberapa jaringan.
Mini-Feed dan Dinding digabungkan, profil dipisah menjadi tab, dan mereka
berusaha untuk membuatnya terlihat lebih “sederhana”. Setelah awalnya memberi
pengguna pilihan untuk pindah, Facebook mulai memindahkan semua pengguna ke
versi halaman baru pada September 2008. Tanggal 11 Desember 2008,
diumumkan bahwa Facebook sedang menguji proses pendaftaran yang lebih mudah.
Tanggal 13 Juni 2009, Facebook memperkenalkan fitur
“Usernames”, yaitu halaman-halaman dapat ditautkan menggunakan URL yang lebih
simpel seperti http://www.facebook.com/facebook dibandingkan dengan http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728.
Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke Facebook melalui peramban web
atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang resmi diluncurkan untuk iPhone OS,
Android OS, dan WebOS. Nokia dan Research In Motion menyediakan aplikasi
Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pengguna aktif
mengakses Facebook melalui telepon genggam yang terdaftar pada 200 operator di
60 negara.
Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan
“Facebook Messages” baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan,
“memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel @facebook.com,
namun itu bukan surel.” Peluncuran fitur tersebut telah diantisipasi sementara
waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah pengamat menyebutnya sebagai
“pembunuh Gmail”. Sistem ini, yang akan diluncurkan kepada semua pengguna situs
tersebut, menggabungkan pesan teks, pesan instan, surel, dan pesan reguler, dan
akan meliputi pengaturan privasi sama seperti layanan Facebook. Dijuluki
“Project Titan”, Facebook Messages memakan 15 bulan dalam
pengembangannya.
Sumber Pengertian Facebook : wikipedia
- Warsita (2008:85) “Pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik”.
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20 “Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”.
- Sudjana (2004:28) “Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak, yaitu antara peserta didik (warga belajar) dan pendidik (sumber belajar) yang melakukan kegiatan membelajarkan”.
- Corey (1986:195) “Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan”.
- Dimyati dan Mudjiono (1999:297) “Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar”.
- Trianto (2010:17) “Pembelajaran merupakan aspek kegiatan manusia yang kompleks, yang tidak sepenuhnya dapat dijelaskan”. Pembelajaran secara simpel dapat diartikan sebagai produk interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman hidup. Pembelajaran dalam makna kompleks adalah usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarhkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangkan mencapai tujuan yang diharapkan.
Sumber:
Rusman.
(2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan
Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta
Sagala,
Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Trianto.
(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Komentar
Posting Komentar